Jumat, 01 Oktober 2010

keterkaitan I robot dengan IMK

Ringkasan film
Film ini sangat mengedepankan interaksi manusia dan komputer. Berlatar belakang di Chichago, Amerika Serikat,pada tahun 2035.dimana pada tahun tersebut banyak sekali robot yang sudah berkembang. pada kecanggihan teknologi robot memiliki 3 hukum, yaitu robot tidak boleh membunuh atau melukai manusia, robot harus mematuhi perintah manusia sepanjang tidak menyalahi aturan pertama, dan robot harus melindungi dirinya sendiri selama tidak melanggar aturan satu dan dua.

Pada film ini sebuah perusahaan USR ( US Robotic) yang memproduksi robot untuk kebutuhan manusia. USR memiliki alat canggih yang dinamakan dengan VIKI. VIKI dirancang sebagai system perlindungan. Selain itu dikenal dengan istilah nanite, berbentuk seperti cairan di dalam tabung, jika disuntikan ke dalam otak system akan mempengaruhi semua system yang ada.

Hubungan dengan IMK
Film I Robot menceritakan bagaimana hubungan robot dengan manusia, dimana peran manusia digantikan dengan peran robot.Pada teknologi robot dan system digital yang diciptakan oleh manusia sangat membantu pekerjaan manusia seperti dalam film tersebut. Namun, bisa juga sangat merugikan manusia, dan dapat merusak kehidupan manusia jika terjadi kekacauan pada system.

Di film ini banyak sekali contoh-contoh dari kemajuan tekhnologi,seperti VIKI yang merupakan otak dari sistem robot tersebut, AR (Augmented Reality), hologram, dan sebagainya. Kemajuan teknologi ini harus digunakan sebaik mungkin.

I Robot menggunakan teknik visual yang paling canggih sehingga menjadikan robot terlihat lebih hidup. Cyborg adalah salah satu hasil rekayasa manusia dengan menggunakan teknologi canggih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar